Monday, May 21, 2012

Menulis Berbagai Jenis Karangan


1. Karangan Narasi
Adalah karangan yang mengkisahkan sebuah peristiwa secara kronologis.
Narasi terbagi menjadi 2, yaitu:
1) Narasi fiksi/ fiktif.
Contoh:
Karangan/ artikel/ wancana.
Laporan Peristiwa/ kegiatan/ kejadian.
Diary
2) Narasi Non fiksi /Non fiktif.
Contoh: prosa (novel, cerpen, dongeng,dll)
2. Karangan deskripsi atau Penggambaran.
Adalah karangan yang menuliskan objek Berdasarkan pengamatan (berhubungan dengan indra manusia), sehingga pembaca seolah-olah merasakan sendiri.
Contoh:

Tema : Teman
Objek : Teman Sebangku
Judul : Ferayanti yang ekspresif.

Aku punya teman sebangku yang namanya Ferayanti. Dia memakai jilbab putih dengan peniti kecil yang menghiasi jilbab putihnya. Dia memakai gelang pink dengan sedikit besi menyelinap pada gelangnya. Wajahnya sedikit kekanak-kanakan dengan mata agak sipit seperti orang China. Badannya kurus tapi agak tinggi.
Kadang dia lupa dengan pekerjaan yang telah dia kerjakan. Dia suka dengan girl band yaitu 2ne1. Dia juga suka menari mengikuti girl band favoritnya. Dia sangat ekspresif saat membaca puisi, sehingga aku suka melihat gayanya. Dia juga pernah memainkan sebuah teater dan aku takjub sekaligus bangga mempunyai teman sepertinya. Di lain waktu juga, tingkah lakunya membuatku tertawa terbahak-bahak.

3. Karangan Eksposisi atau Pemaparan
Adalah karangan yang berisi pemaparan terhadap suatu gagasan dengan tujuan menerangkan Sesutu yang akan menambah wawasan pembaca.
Contoh:
Cara Mudah mengecilkan Foto dengan Photoshop

Pertama, buka gambar atau foto yanga anda inginkan. Lalu, buka tab “File”, kemudian menuju menu “Save for Web and Devices” atau dengan menekan pada keyboard (ALT+SHIFT+CTRL+S). Disana anda akan melihat layar kecil yang terbagi menjadi empat bagian. Anda hanya butuh memilih salah satu. Dan bagi anda yang ingin merubah Berdasarkan ukuran gambar anda sendiri, anda bisa mengubah dengan sekira anda sendiri menggunakan bagian preset yang sudah tersedia. Tahap terakhir, simpanlah gambar anda dengan mengkilik “Save”. Namun jangan lupa pada bagian “Save as type” anda pilih “Image only”.

4. Karangan Argumentasi
Adalah karangan yang berisi pendapat mengenai suatu hal yang disertai alasan-alasan logis dengan tujuan mempengaruhi pembaca untuk menyakini pendapat tersebut. Karangan bersifat objektif.
Contoh:
Keresahan terhadap Geng Motor

Akhir-akhir ini banyak sekali berita-berita tentang geng motor yang meresahkan warga Jakarta. Dilihat dari berita, memang sangat mengerikan karena orang yang tidak bersalah pun di bantai juga. Kejadiannya itu terjadi pada tanggal 15 April 2012 yang lalu, pada salah satu televisi swasta yang memberitahukan kejadian geng motor yang membantai para korbannya.
Menurut saya kejadian itu sangat memprihatinkan. Kenapa orang yang tidak bersalah harus menjadi korban dari kesadisan para geng motor. Semoga kejadian ini cepat terselesaikan agar tidak meresahkan warga.

5. Karangan Persuasi
Adalah karangan yang berisi uraian mengenai gagasan yang bertujaun membuat pembaca percaya, yakin, dan terbujuk akan hal-hal yang diuraikan.
Contoh:

Tema: Air Zam-zam
Topik: Manfaat/ khasiat air Zam-zam
Judul: Meminum air Zam-zam mampu membunuh kuman.


Air Zam-zam merupakan air yang terdapat di Tanah suci Mekkah, Arab Saudi. Air Zam-zam dapat dipercaya membawa berkah bagi siapa saja yang meminumnya, juga dapat diyakini menyembuhkan berbagai penyakit. Namun, penelitian dari Universitas Yokohama, Jepang membeberkan bahwa keajaiban air Zam-zam tidak tertandingi, termasuk air termurni di kutub Utara dan Selatan. Dalam penelitian tersebut menjelaskan bahwa kandungan fluoride yang terkandung dalam air zam-zam mampu membunuh kuman.
Manfaat lain dari air zam-zam antara lain yang saya pernah baca yaitu, berperan penting di dalam reaksi pembekuan darah, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya. Jadi, minumlah air zam-zam untuk mendapatkan khasiat/ manfaat dari air zam-zam yang melimpah.

Inilah sedikit ilmu yang dapat saya bagikan, walaupun bukan guru namun saya rasa berbagai itu sangatlah indah. Terima kasih telah membaca postingan saya ini, semoga bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa saran dan kritik anda untuk memperbaiki kesalahan yang terdapat di postingan ini. Sekali lagi terima kasih.

Load disqus comments

0 komentar