Saturday, February 18, 2017

Hampir Kena Penipuan dengan Modus Mandiri E-Cash

Ini baru aja terjadi bertepatan pada hari ini tanggal 18 Februari 2017, masih anget dan fresh lah. Aku bikin postingan ini bukan mau menjelek-jelekan penipunya tapi hanya untuk berbagi pengalamanku yang sapa tau bisa menjadi pelajaran / bisa menghentikan modus penipuan ini dan tidak memakan korban lagi. Aamiin :)

Pagi-pagi sekitar jam 7 aku dapat sms dri seseorng yang bertanya ttg batik yang aku jual di OLX dan meminta pin bbmku. Ini orang apa nggak ngeliat yaa padahal kan aku sudah masang pin bbmku di iklannya, karena ingin melayani calon pembeli dengan prima maka tanpa bacotan, aku ngasih pin bbmku.

Lalu beberapa menit kemudian dbbm ada undangan kontak dan aku langsung accept saja dan beberapa menit kemudian mbanya langsung chat menanyakan batik yang ada di iklan, aku tanya batik yang mana dia malah nga ngejawab dan pengen aku kirim gambar bajunya, ini org apa ngga diingat kah barang yang pengen dibeli yaa karena ingin melayani dengan prima (lagi) tanpa bacotan, aku ngirim gambar bajunya lalu terjadilah proses jual beli yang normal lalu setelah sepakat harganya dan ongkirnya aku ngasih no. Rek ku ke mbanya dan kemudian dia blas kalo dia bisanya tf lewat mandiri e-cash dalam hatiku apaan itu emangnya bisa ? trus kok aku disuruh ke atm? Disini kecurigaan ku mulai terlihat dan pas banget waktu itu lagi hujan deras akupun beralasan nggak bisa ke atm karena hujan deras dan juga atm jauh dari rumah.

Karena ketidak tahuaanku akan Mandiri E-cash itu apa? Aku pun seacrhing “cara menerima uang transfer dari Mandiri E-cash” aku nemu beberapa artikel lalu ada artikel dengan judul “penipuan Mandiri E-cash” eh kok ada ya coba baca. Baca sampai selesai dan aku menyimpulkan bahwa mba-mba tadi itu penipu. Aku coba baca artikel yang lain yang ngebahas Mandiri E-cash. Ternyata kalo kita mau nerima uang transferan dari Mandiri E-cash itu kita harus register dulu baru bisa nerima. Wah dan aku putuskan kalo mba-mbanya tadi memang benar-benar penipu.

Ini beberapa sreenshot chat saya dengan penipu
 
Setelah itu dia balas
"ini jadi ga?"
Lalu aku balas
"loh kok nanya saya? Seharusnya saya yang nanya mba ini jadi tf atau ga ?"
Penipunya sempat ngeread aja langsung fuussh hilang tidak meninggalkan jejak yaa saya didelcont LOL berarti kebukti kan kalo orang itu penipu.

Alhamdulillah tidak sampai dikuras duitku. :)
Chat yang teakhir nggak sempet ke capture karena sudah keburu didelcont.
Palsu
Penipunya (nama dan foto buka identitasnya)
No. Hp Penipu : 081368215446
Pin BBM : D37E06F1 a/n yulinda (saat berusaha menipu saya)

Jadi siapa tau kalo ada yang nerima sms atau undangan kontak bbm dengan nomor atau pin yang sama seperti diatas bisa tau kalo ini kontak penipuan.

Kesimpulannya
  • Penipu ini memanfaatkan ketidak tahuan seseorang untuk mendapatkan keuntungan.
  • Pokoknya jangan sekali-kali deh mau nerima transferan dari pembeli kalo transfernya dari mandiri e-cash dan jangan mau nurutin kalo disuruh ke atm.
  • Nama, foto dan identitas penipu kemungkinan palsu.

Ada yang pernah mengalaminya? Ayo disharing pengalamannya
Load disqus comments

0 komentar