Saturday, September 7, 2013

Makna-Makna dalam MV Coup detat G-Dragon

G-Dragon baru-baru ini merilis MV yang berjudul 'Coup d'etat'. Namun masih banyak yang belum mengerti apa maksud dan pesan yang disampaikan oleh G-Dragon didalam MV tersebut.

Seperti judulnya 'Coup d'etat' atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Kudeta (Perebutan kekuasaan). Lagu ini merupakan sebuah ungkapan yang menggambarkan bagaimana keadaan politik saat ini. Lagu ini mengisahkan bagaimana para politisi saat ini berkuasa.

Berikut ini adalah penjelasan beberapa adegan dalam MV 'Coup d'etat'.



Pada adegan diatas, terlihat dada G-Dragon yang berwarna hitam. Hal tersebut dimaksudkan bahwa beberapa poilitisi yang ada saat ini tidak memiliki hati dan begitu kejam.


bang serem banget muka lu bang >,<
Pada adegan diatas terlihat banyaknya wajah para politisi yang berwarna putih dan bersinar. Namun sebenarnya, didalam wajah-wajah tersebut, terdapat wajah sebenarnya yang hitam dan gelap.



Pada adegan diatas terlihat G-Dragon yang sedang memasak uang. Hal tersebut dimaksudkan bahwa saat ini para politisi hanya ingin menghasilkan uang dari pekerjaannya. Mereka hanya mementingkan profit semata, dan menyampingkan kewajiban yang seharusnya ia jalankan.



Pada adegan diatas terlihat G-Dragon yang berada dibalik loket tiket. Hal tersebut menggambarkan bahwa saat ini semuanya membutuhkan uang. Namun yang mendapatkan keuntungan dibalik semua itu ialah orang yang berada dibalik loket tiket tersebut, yakni para politisi.



Terlihat pada gambar diatas G-Dragon mengenakan topeng burung gagak. Yang memiliki makna bahwa para politisi saat ini hanya bisa berbicara, seperti burung gagak yang suaranya begitu ribut dan membisingkan.





Pada adegan diatas, terlihat G-Dragon menutup matanya. Hal tersebut dimaksudkan bahwa terdapat beberapa politisi yang hanya ingin menunjukkan wajahnya pada publik, sehingga mereka begitu dikenal oleh publik. Namun mereka menutup matanya terhadap keadaan sekitar. Mereka tidak peduli dengan masyarakat dan negaranya, dan hanya mementingkan diri sendiri.





Pada gambar diatas terlihat para wartawan yang menutup matanya. Hal tersebut menggambarkan bahwa media saat ini juga ikut menutup matanya. Mereka tidak begitu peduli akan hal yang sebenarnya terjadi. Mereka ikut menutupi keburukan para politisi. Karena mereka juga sudah dikuasai oleh para politisi.



Pada adegan diatas terlihat seseorang yang bersujud ditanah dengan tampilan yang sangat kotor. Orang tersebut menggambarkan masyarakat yang berada dibawah para politisi. Oleh karena itu diakhir MV, orang tersebut kemudian melemparkan batu kecil yang menyebabkan ledakan besar. Hal tersebut adalah sebuah pesan, bahwa masyarakat harus melakukan sebuah perubahan atau revolusi. Walaupun hanya dengan sebuah batu kecil, yang melambangkan perbuatan kecil, namun perbuatan tersebut dapat membuat efek yang besar dalam sebuah revolusi.



Pada gambar diatas, terlihat G-Dragon yang menutup wajahnya, namun matanya tidak tertutup. Ini adalah politisi yang ia inginkan, tetap melihat keadaan sekitar dengan melaksanakan kewajiban yang seharusnya mereka lakukan, tanpa perlu menunjukkan wajahnya pada publik.

Sumber : http://www.kpopchart.net 
Load disqus comments

20 komentar