Friday, May 1, 2015

Makna-Makna dalam MV LOSER - BIGBANG

Buat para VIP (sebutan untuk penggemar BIGBANG) hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah bukan karena hari ini adalah hari buruh namun karena bertepatan pada hari Jumat 1 Mei 2015 BIGBANG merilis dua lagu sekaligus beserta MVnya. Wow fantastic bae bae awww. XD 
Setelah sekian lama BIGBANG hiatus selama 3 tahun lamanya (3 tahun permisah Zzzzzzz -_-). Oke ngga usah berbasa-basi lagi kita langsung to the point aja deh.
Kali ini saya akan menulis artikel tentang makna yang terdapat di MV “LOSER” BIGBANG.

Penasaran seperti apa pesan dan makna yang terdapat dalam musik video 'LOSER' Big Bang? Baca penjelasannya berikut ini!

1. G-Dragon
Dalam musik video ini, G-Dragon memerankan karakter seorang selebriti terkenal yang memiliki harta berlimpah. Namun terlepas dari kesuksesan dan kekayaan yang ia dapatkan, G-Dragon sama sekali tidak memiliki seseorang yang berada disampingnya, sehingga ia selalu merasa kesepian walau hidup ditengah kehidupan yang glamor.


Beberapa bait dalam lirik rap G-Dragon berbunyi, "Sejujurnya aku tidak pernah cocok berada di dunia ini. Bagiku yang memang sudah kesepian, tak ada lagi cinta. Cinta, bagiku yang sudah kesepian, sudah lama terlupakan." dan "Aku ingin pulang ke rumah. Aku ingin kembali seperti disaat aku masih kecil." 

2. T.O.P 

Berperan sebagai seorang pria yang gila akan wanita. Seperti lirik lagunya, "Mengulangi kesalahan dengan wanita. Cinta satu malam, tapi seketika bosan saat matahari terbit. Kesenangan egois yang tidak bisa aku pertanggung jawabkan."
Dalam video tersebut, diperlihatkan adegan T.O.P mencekik gadis yang bersamanya. Pada adegan lain, T.O.P terlihat berlumuran darah, membuktikan bahwa ia telah membunuh gadis tersebut, untuk mengakhiri kesenangannya itu.

3. Seungri 

Dalam musik video tersebut dia adalah seorang pria temperamen, yang tidak bisa mengatur emosinya sendiri. Hal ini membuat kekasihnya memutuskan untuk berpisah dengannya. Namun, Seungri tidak menerima hal tersebut, dan ingin memaksa sang kekasih agar tetap bersamanya. 
Di beberapa adegan terlihat Seungri sedang mengamuk, dengan menghancurkan berbagai benda yang berada disekitarnya.

4. Taeyang
Seseorang yang telah kehilangan keyakinan dan harapan untuk hidup. Seperti yang ia ungkapkan dalam lirik lagunya, "Terkadang aku lebih sering memandang tanah daripada langit." Menggambarkan keinginannya untuk segera mengakhiri hidupnya.

Lirik lainnya berbunyi, "Bahkan sangat susah untuk bernapas. Aku mencoba mengangkat tangan, tapi tidak ada yang meraihnya." dan "Aku menyalahkan langit. Terkadang aku ingin menyudahi segalanya. Aku ingin mengucapkan selamat tinggal. Setelah pengembaraan di jalanan ini usai. Mohon, aku harap aku bisa menutup mata tanpa penyesalan."

Dalam satu adegan, terlihat ia terjun dari ketinggian, untuk mengakhiri hidupnya.

5. Daesung 

Seseorang pria lemah, yang ingin mengalahkan sekelompok berandalan. Namun setiap kali ia ingin menghadapi mereka, ia selalu saja dikalahkan.
Alasan dibalik hal itu, karena ia memiliki dendam terhadap gerombolan tersebut yang sudah menyakiti atau membunuh (?) seorang wanita yang ia cintai. Hal ini terlihat dalam salah satu adegan, seorang wanita memberikan syal kepadanya, membuktikan bahwa tindakkannya tersebut memiliki kaitan dengan wanita itu.

"Pecundang, penyendiri. Seorang pengecut yang berpura-pura tangguh. Preman yang buruk. Dalam cermin, aku hanyalah pecundang."

Namun dari semua hal itu, ada pesan tersembunyi yang diberikan oleh Big Bang kepada kita.
Seperti yang terlihat pada foto di atas, terdapat pesan yang tertulis di rambu lalu lintas berbunyi, "Jangan masuk. Jalan yang salah," dan "Berhenti!".

Pesan ini memiliki maksud agar kita tidak masuk ke jalan yang salah seperti yang dilakukan oleh anggota Big Bang dalam musik video tersebut, dan agar segera berhenti melakukan hal-hal seperti itu.

Wah, ternyata musik video 'LOSER' punya pesan dan makna yang begitu dalam ya!
Source: Kpop Chart

Load disqus comments

0 komentar